Baterai Laptop8 Cara Agar Batre Laptop Awet

Batre laptop merupakan salah satu komponen penting yang harus diperhatikan, banyak yang mengaku batre laptopnya tidak tahan lama padahal belum lama membeli laptop.

Nah berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membuat batre laptop kita awet dan tahan lama,

Atur power batre
Caranya, klik pada Start kemudian pilih Control Panel dan double klik pada Power Option. Muncul kotak dialog Power Option Properties, pilih Power Schemes kemudian pada menu drop down bisa pilih Minimal Power Management anda Max Bettery. Nah jika ingin batre awet silahkan pilih Max Battery karena pilihan ini akan menghemat daya batre karena hanya membutahkan kecepatan prosesor minimal dan dalam hal ini Max Battery akan menyebabkan kecepatan laptop menurun.

Pengecasan Batre
Saat mengecas batre usahakan sampai benar-benar penuh dan jangan berlebihan (terlalu lama). Jangan menunggu batre kosong untuk mengecas batre, pengecasan sebaiknya dilakukan saat batre hampir habis dan biasanya muincul peringatan pada desktop.

Lepas batre
Jika laptop tidak dipakai dalam jangka waktu lama sebaiknya lepas batre. Atau saat pemakaian laptop dalam waktu yang lama sebaiknya menggunakan daya menggunakan adaptor.

Cabut perangkat yang tidak perlu
Cabutlah perangkat-perangkat yang tertancap pada laptop jika sudah tidak terpakai, misalnya kabel kamera, Flashdisk, Card Reader, dsb. Hal ini akan membuat daya pada batre tidak terbuang sia-sia.

Kurangi brightness
Bahwasanya LCD cukup menguras daya pada batre, maka dari itu kurangilah brightness LCD seminimal mungkin tapi masih tetap nyaman dipakai.

Kurangi resulosi
Mengurangi resolusi dapat membuat berkurangnya konsumsi daya listrik yang dipakai. Untuk mengurangi resolusi pada layar monitor Anda bisa klik kanan pada Desktop Windows kemudian pilih Properties, lalu klik pada tab Settings dan pada menu dropdown pilih Color Quality yang lebih rendah dan klik Ok.

Bunakan blank screen savers
Bahwasannya penggunaan screen savers dapat menguras batre. Untuk membuat blank screen savers pada laptop anda caranya seperti pada cara di atas tapi pada Properties pilih tab Screen Saver, kemudian pada pilihan sereen saver pilihlan "Blank" dan atur waktu tunggunya hingga 2 menit lalu klik Ok.

Nonaktifkan Wi-Fi
Saat anda tidak menggunakan Wi-Fi pada laptop sebaiknya dimatikan, hal ini akan mengurangi konsumsi daya pada batre.

Nah cara-cara diatas dapat Anda gunakan untuk membuat batre laptop anda lebih awet. Rawatlah laptop anda sebaik mungkin dan selamat mencoba.

Oleh : Bambang Santoso (Admin)

0 komentar